Perbandingan rangka atap kayu dengan baja ringan

Perbandingan rangka atap kayu dan baja ringan sebagai bahan bangunan mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing yang dapat menjadi bahan pertimbangan dalam memilih diantara keduanya untuk digunakan sebagai tempat dudukan penutup atap rumah maupun bangunan lainya. Jika dilihat dari keawetan maka baja ringan akan lebih tahan lama jika digunakan pada bangunan yang jauh dari hal-hal yang dapat menyebabkan kerusakan pada baja misalnya bangunan di dekat laut akan sering terkena angin yang membawa bahan penyebab karat pada besi sehingga dalam kondisi ini akan lebih baik jika menggunakan kayu sebagai rangka struktur bangunan.

Dari segi harga dapat dilihat bahwa kayu dan baja ringan tidak terlalu beda jauh, namun kayu bisa jadi lebih mahal mengingat kelangkaan kayu karena maraknya penebangan pohon tanpa diimbangi dengan upaya penanaman kembali dengan jumlah yang seimbang antara penebangan dan penanaman. pekejaan rangka atap baja ringan dihitung dalam satuan kg atau meter sedangkan kayu dihitung dalam satuan m3 atau meter, sehingga diperlukan data harga baja ringan per kg atau harga kayu per meter kubik untuk dapat menghitung rencana anggaran biaya bangunan khususnya pekerjaan rangka atap rumah. dalam proses pengerjaan diperlukan tukang bangunan yang ahli dalam baja ringan untuk memasangnya sedangkan untuk rangka atap kayu dapat dikerjakan oleh tukang kayu yang telah ahli dalam bidang perkayuan sehingga dapat dihasilkan pekerjaan dengan kualitas bagus setelah sebelumnya mempertimbangkan perbandingan rangka atap kayu dan baja ringan.

Sebagai upaya ikut berperan serta dalam menjaga kelestarian planet bumi agar tetap hijau maka menghindari untuk menggunakan kayu sebagai bahan bangunan merupakan sebuah tindakan yang baik, sebagai gantinya dapat digunakan rangka atap baja ringan sehingga penebangan pohon dapat dikurangi untuk mencegah pemanasan global. setelah memutuskan jenis material mana yang akan digunakan dapat dilanjutkan dengan perencanaan perhitungan struktur rangka kuda-kuda atap untuk menentukan bentuk dan dimensi bahan yang kuat menahan beban diatasnya namun dicari yang sekecil mungkin sehingga dapat menghemat biaya pembangunan rumah tinggal, silahkan dipilih kayu atau rangka atap baja ringan


Biaya renovasi mestinya dihitung sejak awal. Hal ini demi sebuah hasil pembangunan atau renovasi yang terbaik.
Begitu juga halnya ketika ingin merenovasi atas rumah, terlebih rangka atap yang masih terbuat dari kayu. Rata-rata rangka atap dari kayu memiliki usia sekitar 10 tahun. Terlebih bila kayu tidak mendapatkan perawatan anti rayap atau perubahan cuaca.

Rangka atap dari kayu boleh saja diganti kayu lagi. Namun, sekarang ini trennya adalah mengganti rangka atap kayu dengan baja ringan. Anda yang sedang bimbang akan memilih yang mana, sekilas perbandingan perhitungan biaya ini mungkin bisa jadi bahan pertimbangan.

Misalnya, kita ingin mengganti rangka atap kayu berbentuk pelana pada denah berukuran 4m x 8m. Di sana ada tiga kuda-kuda kayu yang diletakkan pada jarak 4 meter-an; dua di tepi, satu di tengah. Untuk pembuatan tiga kuda-kuda ini paling tidak dibutuhkan 1 m3 kayu balok 8/12. Harga per meter kubiknya 3 juta. Terus kita juga butuh kaso 4/6 dan reng 3/4 yang total harganya sekitar 2 juta. Jadi untuk bahan saja, paling tidak kita membutuhkan 5 juta.  Belum termasuk jasa tukang selama seminggu yang mungkin sekitar 1,5 juta. Dengan begitu, total biaya bisa mencapai sekitar 6,5 juta.

Berapa biaya yang dibutuhkan jika kita menggunakan rangka atap baja ringan Megatruss Tak perlu repot menghitung. Di halaman depan web ini hal itu bisa dihitung secara singkat. Hasilnya, untuk bentuk dan ukuran denah yang sama dengan di atas, harganya tidak jauh berbeda dan sudah termasuk ongkos pasang. Jasa tukang dibutuhkan untuk membongkar atap lama dan memasang genteng, yang mungkin hanya butuh 3-4 hari kerja.

Mungkin jika dihitung, estimasi biaya renovasi rangka atap kayu dengan kayu, atau mengganti rangka atap kayu dengan baja ringan tak berbeda jauh. Namun keuntungan lebih bisa diperoleh setelah atap terpasang. Atap kayu bisa tahan 10tahun, jika tidak terserang rayap. Atap baja ringan bisa seumur bangunan dan bebas rayap. Jadi secara keseluruhan, rangka atap baja ringan memiliki keunggulan lebih dibandingkan rangka atap dari kayu.

Ingin mengetahui Perbandingan Rangka Atap kayu vs Baja ringan vs Baja Konvensional KLIK DISINI



Artikel terkait :
1.    Jasa Desain
2.    Jasa konstruksi
4.    Atap metal
5.    Baja ringan
7.    Plafon
8.    Bata ringan
Memuat...

Popular Posts