Kamis, 14 Juni 2012

Bingung Memilih merk baja ringan antara taso, megatruss, sakura truss, lion truss, smart truss, jaindo, pryda dan masih banyak lagi

Panduan Membeli Atap Baja Ringan dengan berbagai macam merek


--   --
Terdapat banyak pilihan serta jenis material konstruksi atap rumah. Salah satunya adalah, baja ringan dengan banyak sekali merk yang beredar seperti taso, megatruss, sakura truss, lion truss, smart truss, jaindo, pryda dan masih banyak lagi. Material ini sekarang mulai banyak peminatnya karena harganya yang realtif lebih murah, ringan, dan tahan lama. Nah permasalahannya, di pasar bahan bangunan, terdapat banyak jenis bahannya, harga dan merk bahan untuk rangka atap baja ringan ini. Anda pastinya akan bingung memilih dan tidak mau salah memilih jenis apa yang cocok untuk rumah anda.
Sebelum anda membeli rangka atap baja ringan ini, anda perlu lebih teliti. Teliti untuk mengenali material dan sistem rangka atap baja ringan secara men-detail, bukan hanya mengikuti tawaran dari kontraktor atau supplier. Untuk mengetaui rangka atap baja ringan maka kita harusnya mengerti dahulu bahwa produk ini ialah produk struktur yang menopang beban sebuah atap, angin, dan juga akan melindugi penghuninya.
4 komponen utama dalam rangka atap baja ringan yang harus diketahui:
Kekuatan. Bahan baja memiliki beragam kekuatan. Untuk saat ini yang terbaik adalah baja ringan yang memiliki spesifikasi G550 atau tegangan leleh 550 Mpa. Bahan ini berbeda dengan besi baja konvesional, yang memiliki tegangan leleh 300 Mpa (G300). Tapi karena sifat dasar baja ialah berkarat, maka baja ini pun harus diberi proteksi coating terhadap karat. Ada dua jenis proteksi; pelapis yang tebuat dari seng atau galvaniz, dan zinkalum yang terbuat dari campuran aluminium, seng  serta silicon.
Desain serta perhitungan struktur. Ada beberapa tipe rangka atap baja ringan. Produsen ternama banyak yang menggunakan software khusus untuk membuat desain rangka atap tersebut dan menghitung tingkat kekuatannya terhadap sebuah beban. Beberapa ada produsen yang tidak menggunakan software tersebut. Software ini diyakini dapat menghitung tingkat kekuatan rangka secara men-detail. Bahkan dalam software tersebut juga dapat disimulasikan beban rangka atap kelak jika sudah terpasang. Oleh software ini nantinya dihasilkan gambar kerja detail yang menunjukkan dimensi rangka, type dan jenis sambungan serta jumlah sekrup/baut untuk setiap sambungannya.
Teknk Pemasangan serta perakitannya. Yang perlu anda pastikan adalah bahwa pemasangnya janganlah dipercayakan kepada sembarang tukang. Pastikan bahwa pemasang rangka atap baja ini telah memiliki sertifikasi layak pasang. Dengan demikian Anda mendapat jaminan bahwa desain dan system akan bekerja dengan benar.
Pengawasan yang berkala dari supervisor yang telah ditunjuk oleh produsen maupun dari pemilik merk rangka atap baja ringan tersebut.
Yang tidak kalah penting adalah agar Anda meminta surat garansi produk dan pemasangan baik dari penjual maupun pemasang.

source: http://www.arsindo.com/artikel/panduan-membeli-atap-baja-ringan/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Cari Blog Ini

Memuat...